Maksud dari LC4V

Posted: 5 Oktober 2010 in Automotif
Tag:, , , , ,

Ada banyak istilah yang sering dituliskan oleh seorang pembuat sepeda motor yang kadang untuk orang awam seperti saya ini tidak tau apa maksud tentang tulisan tersebut. LC4V…  apaan sih artinya ? ato cuma tulisan yang sengaja dibuat oleh pabrikan untuk para 4L4Y agar menambah kesan Sangar saja… :mrgreen:.

Dari Browsing-Browsing sampe direwangi Ng*shink kira-kira begini artinya. LC4V adalah singkatan dari Liquid Cooled Four Valve, untuk Penjabarannya dipecah saja ya…

1. Licuid Cooled (Pendingin Cair)

Licuid Cooled adalah Sistem pendinginan panas pada mesin yang menggunakan Pendingin cair, lalu pendingin cair tersebut dilewatkan pada komponen yang disebut fin (Sirip) radiator. Cara kerja sistem radiator ini adalah panas dari mesin disalurkan ke Cairan–>Fin–>Udara, berbeda dengan sistem pendingin konvensional yang hanya melalui Mesin–>Fin–>Udara.

Kelebihan dari sistem pendinginan cair antara lain :

a.  Lebih mumpuni ato bekerja lebih baik dalam menyerap panas daripada pendinginan konvensional karena tahapannya lebih banyak seperti harus melalui cairan untuk diteruskan ke Fin Radiator.

Gambar dari mbah Google 🙄

b. Pada Sistem Pendinginan ini biasanya dilengkapi dengan Kipas yang terhubung pada sensor panas yang akan berputar apabila terjadi panas yang berlebih. Sistim pendinginan konvensional pada umumnya tidak dilengkapi dengan kipas ini sehingga pada saat kendaraan beroperasi dan berhenti dijalan panas terakumulasi dan bisa terjadi overheat atau panas berlebihan di komponen-komponen mesin.

c. Membuat Motor terlihat lebih berisi (Tidak Kopong) sehingga dapat menunjang penampilan :mrgreen:.

Para pembuat sepeda motor tentu saja tidak sembarangan dalam memberikan teknologi ini, biasanya sistim pendingin ini diberikan pada motor yang mempunyai Kompresi tinggi seperti Yamaha MX dan Vixion (10,4:1)yang memang mempunyai tingkat panas yang lebih tinggi dibanding motor yang mempunyai tingkat kompresi lebih rendah (9,5:1).

2. Four Valve (Empat Katup)

Four Valve ato empat katup adalah teknologi empat katup pada mesin yang terdiri dari 2 katub masuk dan 2 katup buang. kelebihannya dibandingkan dengan yang hanya memiliki 2 katup adalah pasokan dalam hal bahan bakar dan gas buang yang lebih baik karenapada 4 katup sudah pasti katupnya memiliki payung kecil-kecil, sedangkan pada 2 katup payungnya besar2. Payung besar inilah yang ditengarai justru menghambat, oleh karena itu dirancanglah teknologi katup berpayung kecil. Kemudian agar dapat mengimbangi suplai seperti sebanyak tipe 2 katup berpayung besar, maka katup2 berpayung kecil tadi diperbanyak yaitu menjadi 4 katup (2 katup buang, 2 katup masuk).

Kelebihan lainnya adalah pada saat mesin berada pada putaran tinggi gejala klep telat balik bisa diminimalkan.

Referensi :

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100127203412AAabyzs

Demikian, Semoga Berguna CMIIW (Correct Me If I Wrong)

Thank’s

Komentar
  1. Kurniaprorider berkata:

    Number 2

  2. Hourex berkata:

    Sip Bro ulasanya..
    Di tunggu ulasan2 selanjut nya ttg R2 Bro..

  3. shumy27 berkata:

    ahihihi……kalo kata temenku yang punya eMeX….Liquid cooled 4 Vehat 5 Vempurna…..:-p lam kenal…!!!

  4. SoNia berkata:

    untung bukan RC211v,,hehehe

  5. cara merawat injection gmn?

  6. arwan berkata:

    makasih atas ifo nya

  7. arwan berkata:

    makasih atas info nya

  8. dwi fandi berkata:

    Sya punya mtor Vixion dan sya mau tanya, Kenapa ketika pada gigi ke-5 dengan kecepatan diatas 100km/jam motor saya terasa sperti mau kehabisan bahan bakar/nyadad terasa sperti (maju mundur_maju mundur) adahaL bahan bakar di’tangki msi banyak ?? ToLong dijabarkan secepat_nya supaya sya tau kenapa.

    • opank777 berkata:

      Coba periksa saringan udaranya bro biasanya lobang buang tersumbat

    • kecoa laut berkata:

      karbu apa injection? kalo karbu, bersihin karbunya.. ganti busi yg racing.. jangan pelit pelit. bbm minimal pertalite, jangan premium.. kalo injection cukup bawa ke bengkel resmi minta di servis besar bilang aja motor gak bisa ngebut. emang mau kemane si paaak pake ngebut ngebut. hehehehe

  9. Fajar SI Pujo berkata:

    dwi fandi@ coba periksa karburatornya terlebih dahulu,….siapa tahu ada yang buntu

  10. cahyo berkata:

    fajar si pujo@
    vixion mana ada karbunya broo ?

    dwi fandi@ ke beres suruh cek ecu & sistim injeksinya aja bro

  11. hendra hermawan berkata:

    vixie is the best!! thx ats ilmunya sob..

  12. endOet berkata:

    w mw tnya jga neh gan, sbnrnya pke premium terus wat new vixie yg bru bgus g neh?

  13. hari berkata:

    itu yang bener line camsaft four valve atau segaris 4 klep

  14. sip bermanfaat nih artikelnya

Tinggalkan komentar