Ada banyak istilah yang sering dituliskan oleh seorang pembuat sepeda motor yang kadang untuk orang awam seperti saya ini tidak tau apa maksud tentang tulisan tersebut. LC4V… apaan sih artinya ? ato cuma tulisan yang sengaja dibuat oleh pabrikan untuk para 4L4Y agar menambah kesan Sangar saja… :mrgreen:.
Dari Browsing-Browsing sampe direwangi Ng*shink kira-kira begini artinya. LC4V adalah singkatan dari Liquid Cooled Four Valve, untuk Penjabarannya dipecah saja ya…
1. Licuid Cooled (Pendingin Cair)
Licuid Cooled adalah Sistem pendinginan panas pada mesin yang menggunakan Pendingin cair, lalu pendingin cair tersebut dilewatkan pada komponen yang disebut fin (Sirip) radiator. Cara kerja sistem radiator ini adalah panas dari mesin disalurkan ke Cairan–>Fin–>Udara, berbeda dengan sistem pendingin konvensional yang hanya melalui Mesin–>Fin–>Udara.
Kelebihan dari sistem pendinginan cair antara lain :
a. Lebih mumpuni ato bekerja lebih baik dalam menyerap panas daripada pendinginan konvensional karena tahapannya lebih banyak seperti harus melalui cairan untuk diteruskan ke Fin Radiator.
b. Pada Sistem Pendinginan ini biasanya dilengkapi dengan Kipas yang terhubung pada sensor panas yang akan berputar apabila terjadi panas yang berlebih. Sistim pendinginan konvensional pada umumnya tidak dilengkapi dengan kipas ini sehingga pada saat kendaraan beroperasi dan berhenti dijalan panas terakumulasi dan bisa terjadi overheat atau panas berlebihan di komponen-komponen mesin.
c. Membuat Motor terlihat lebih berisi (Tidak Kopong) sehingga dapat menunjang penampilan :mrgreen:.
Para pembuat sepeda motor tentu saja tidak sembarangan dalam memberikan teknologi ini, biasanya sistim pendingin ini diberikan pada motor yang mempunyai Kompresi tinggi seperti Yamaha MX dan Vixion (10,4:1)yang memang mempunyai tingkat panas yang lebih tinggi dibanding motor yang mempunyai tingkat kompresi lebih rendah (9,5:1).
2. Four Valve (Empat Katup)
Four Valve ato empat katup adalah teknologi empat katup pada mesin yang terdiri dari 2 katub masuk dan 2 katup buang. kelebihannya dibandingkan dengan yang hanya memiliki 2 katup adalah pasokan dalam hal bahan bakar dan gas buang yang lebih baik karenapada 4 katup sudah pasti katupnya memiliki payung kecil-kecil, sedangkan pada 2 katup payungnya besar2. Payung besar inilah yang ditengarai justru menghambat, oleh karena itu dirancanglah teknologi katup berpayung kecil. Kemudian agar dapat mengimbangi suplai seperti sebanyak tipe 2 katup berpayung besar, maka katup2 berpayung kecil tadi diperbanyak yaitu menjadi 4 katup (2 katup buang, 2 katup masuk).
Kelebihan lainnya adalah pada saat mesin berada pada putaran tinggi gejala klep telat balik bisa diminimalkan.
Referensi :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100127203412AAabyzs
Demikian, Semoga Berguna CMIIW (Correct Me If I Wrong)
Thank’s
pertamax
jd inget yang ini:
http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/04/19/speedometer-set-dicopot-kenapa-yaa/
Number 2
2022 masih ada orang disni?
Sip Bro ulasanya..
Di tunggu ulasan2 selanjut nya ttg R2 Bro..
Yup…
ahihihi……kalo kata temenku yang punya eMeX….Liquid cooled 4 Vehat 5 Vempurna…..:-p lam kenal…!!!
Ada-ada aja… 🙂
Lam kenal jg
numpang mas
kalau cs1 LC2V 😀
untung bukan RC211v,,hehehe
cara merawat injection gmn?
makasih atas ifo nya
makasih atas info nya
Sya punya mtor Vixion dan sya mau tanya, Kenapa ketika pada gigi ke-5 dengan kecepatan diatas 100km/jam motor saya terasa sperti mau kehabisan bahan bakar/nyadad terasa sperti (maju mundur_maju mundur) adahaL bahan bakar di’tangki msi banyak ?? ToLong dijabarkan secepat_nya supaya sya tau kenapa.
Coba periksa saringan udaranya bro biasanya lobang buang tersumbat
karbu apa injection? kalo karbu, bersihin karbunya.. ganti busi yg racing.. jangan pelit pelit. bbm minimal pertalite, jangan premium.. kalo injection cukup bawa ke bengkel resmi minta di servis besar bilang aja motor gak bisa ngebut. emang mau kemane si paaak pake ngebut ngebut. hehehehe
dwi fandi@ coba periksa karburatornya terlebih dahulu,….siapa tahu ada yang buntu
fajar si pujo@
vixion mana ada karbunya broo ?
dwi fandi@ ke beres suruh cek ecu & sistim injeksinya aja bro
vixie is the best!! thx ats ilmunya sob..
w mw tnya jga neh gan, sbnrnya pke premium terus wat new vixie yg bru bgus g neh?
itu yang bener line camsaft four valve atau segaris 4 klep
sip bermanfaat nih artikelnya