Benarkah ? Edisi Calo Kereta Api

Posted: 2 November 2010 in Automotif
Tag:, , ,

Waktu ke Stasiun dengan keperluan menjemput seseorang kemarin, sempet melihat spanduk seperti diatas, dan saya yakin di tiap-tiap stasiun pastinya juga sudah tertera tulisan serupa mengenai sosialisasi Tentang Peraturan tersebut, masalahnya Benarkah Peraturan tentang Percaloan yang tertera pada spanduk sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya ?

Dalam Spanduk itu ditulis mengenai UU No. 23 Tahun 2007 Pasal 184 yang isinya adalah :

SETIAP ORANG DILARANG MENJUAL KARCIS KERETA API DI LUAR TEMPAT YANG TELAH DITENTUKAN OLEH PENYELENGGARA SARANA PERKERETAAPIAN. BAGI YANG MELANGGAR DIKENAKAN PIDANA PENJARA 6 (ENAM) BULAN.

yups… melihat peraturan diatas setiap calo akan enggan untuk melenggangkan aksinya mengingat hukum pidana yang ditetapkan cukup sadis, tapi kembali lagi ke judul, benarkah ? sudahkan dilaksanakan sebagaimana yang tercantum ?

Gambar dari foto.detik.com

kalo saya sih Positif Thingking aja tapi kalo melihat tulisan disini, disana, sanaan lagi dan disitu agak sanksi juga mengenai Pelaksanaan dari peraturan tersebut . Sebenarnya ada untungnya juga kita beli lewat calo yakni Kemudahan dalam mendapatkan karcis dan kalo beruntung dapat tempat duduk walaupun posisi sedang ramai, efek negatifnya adalah rawan terhadap praktek penipuan, harganya yang bisa 3x lipat dari pada harga normal dan kawan-kawannya.

Gambar dari google

Semoga praktek Praktek Percaloan segera diberantas dan Pihak dalam ato pegawainya tidak terlibat dalam masalah Percaloan, Sarana kereta api Juga dibenahi supaya aman dalam perjalanan sehingga Konsumen jadi nyaman ketika bepergian dengan Kereta Api,

Update

Untuk yang penasaran ato pengin tau lebih lanjut tentang Undang-undang Perkeretaapian tahun 2007 dapat dilihat Disini dan Disana. Pada artikel tersebut dijelaskan secara jelas dan terperinci tentang UU No. 23 tahun 2007 mengenai Perkeretaapian dari Pasal 1-218. wah Railfan’s juga tuh orangšŸ™‚, sayangnya ane udah jarang banget naik kereta.

Demikian, Semoga Berguna
Thank’s

Komentar
  1. MaskurĀ® mengatakan:

    wah pas komen ini aku lagi di kereta api. Tapi tanpa calo

  2. MaskurĀ® mengatakan:

    lha aku ke bandung je.

  3. Hourex mengatakan:

    Kalo calo keretapi ga tahu ya.. Blm pernah naik sih.. Tp klo calo pajak motor/mobil ama pembuatan/perpanjangan SIM wah dah sering make jasanya, kos klo ga pake jasanya biasanya susah/lama.. Ato emang di sengaja ya prosesnya diPER -susah/lama-2in..
    Yg jls pernah ngurus sim A tp nembak’ (pke calo) cuepat bgt cm di minta poto trus mbayar, jadi de.. sedang tmen yg mau test (tanpa calo) pulang tangan hampa krna galulus test..

    *Indonesia Banget ya..

  4. adetruna mengatakan:

    jadi inget lagunya Iwan Fals: Biasanya Kereta Terlambat Dua Jam Mungkin Biasa …

  5. martini mengatakan:

    kalo naik argo cukup bayar 20ribu 3kali…dah sampe jogja!! pas naik salam tempel 20ribu, pas dicirebon juga 20ribu..pas di puewokerto juga sama…jadi total 60ribu….itu kondektur wis ngerti!! hehehehe…jadi kagak perlu bayar ampe 300ribu…malah dapat makan gratis…soale kalo kursi “pesanan” abis..yo wis duduk2 dikereta makan!! sambil makan tentunya….wekekeke…naik dari jati negara…bukan gambir!!

  6. asmarantaka mengatakan:

    katanya kalo berhasil nangkap 1 dapet 500 rebu??..masih berlakukah??:mrgreen:

  7. tafridefraaz mengatakan:

    calo dimana-mana….. calo kuburan ada gak y?:mrgreen:

  8. cak poer mengatakan:

    Tapi ya gitu, masyarakat kita terlalu mudah cari gampangnya, ketika males ke loket atau memang tiket di loket sudah habis dan mau-ga-mu harus berangkat hari itu juga…tiket dari calo lah yg jadi jalan terakhiršŸ˜¦

    ni-tips ah:
    http://cakpoer.wordpress.com/2010/11/03/tips-membeli-sepeda-motor-bekas-2-pemeriksaan-bodi-sasis/

  9. rioseto mengatakan:

    dari komentar sebelumnya, “..masyarakat kita terlalu mudah cari gampangnya“, kita pelesetkan saja “..perusahaan kereta api, kapal laut, udara, siap membuat masyarakat mudah memperoleh tiket dan membayarnya“.

    Bukankah sekarang sudah abad informasi, pesan dari hp dan bayar dari hp juga bisa kok. Saksikan saja nanti, “calo” terhormat dan legal seperti bio perjalanan, akan hilang sendiri.

    Salam, rio seto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s