About Yamaha Byson a.k.a FZ16

Posted: 20 Agustus 2010 in Automotif
Tag:, , ,


Kemarin, tanggal 19 Agustus 2010 para Blogger independen diundang oleh yamaha untuk test ride Yamaha Byson di Sentul. dari test ride tersebut terdapat bermacam-macam tanggapan baik dari segi mesin maupun performa. kali ini saya akan merangkum merangkai informasi tersebut untuk diolah subjektif dari pandangan saya sendiri.

1. Tenaga yang dikeluarkan

Dari gambar tersebut terlihat berapa kecepatan yang dihasilkan Byson yang mempunyai 13,4HP, sedikit diatas New Megapro walopun ditulisan ada embel-embel “SEMAKIN DIDEPAN” yang berarti test dilakukan oleh YAMAHA…🙂. namun apabila kita membandingkan dengan Vixy? masih Unggul Vixion kemana-mana kali ya, menurut ane faktor teknologi yang menyebabkan Vixion punya power yang lebih. tapi biar bagaimanapun motor ntu berada pada kubikasi kelas yang sama (150 cc) jadi tenaganya beda tipis. Untuk menunjang kecepatan itu Bisa lah untuk di modif atopun Upgrade baik itu dari Segi CDI Limiter, Knalpot Racing, Atopun Bore Up biar tambah ngacir….:mrgreen:.

2. Desain

Kalo untuk masalah ini saya rasa Pendapat Bisa berbeda dari masing-masing orang, kalo menurut saya sendiri sih Byson mempunyai Bodi yang kekar karena ditunjang oleh Punuknya (Tanki Bensin.. :)) yang disertai kondom, Model atopun desain yang Sama dengan Embrionya FZ 16 sehingga aura Street Fighter terasa disini. boleh dibilang kalo urusan tampang Byson Paling gahar.

3. Fitur dan teknologi

a. Konvensional

boleh dibilang Byson masih merupakan motor yang konvensional karena masih menggunakan sistem Karburator. Hal ini bisa jadi Kelebihan ataupun kekurangan. Kelebihan karena bisa dioprek atopun di modif dengan mudah oleh bengkel-bengkel biasa (tidak perlu keahlian khusus), . kekurangan karena sistem pengeluaran bensin kurang bisa terkontrol sehingga lebih boros, tidak seperti injeksi yang Keluaran bensinnya lebih presisi karena sudah diator oleh sensor-sensor komputer

b. Menggunakan catalytic converter

Apa sih catalytic converter??? untuk pengertian detilnya dapat dilihat disini. Secara fungsi Catalytic Conventer adalah Merubah gas yang berbahasa seperti carbon monoksida (CO), Nitrogen Oxides (NOx) dan hydrocarbons (HC) yang terdapata pada motor menjadi gas yang tidak berbahaya macam Nitrogen dan oksigen. sebenarnya fitur ini banyak diaplikasikan ke motor 2 tak  ex: Ninja 150R yang mempunyai pembakaran kurang sempurna agar gas yang dikeluarken tetep ramah lingkungan, Go Green Ceritanya…..

c. Kaki-kaki

Ini yang membuat saya tertarik dengan Byson ini karena sudah menggunakan ban Tipe Tubeles dengan ukuran100/80-17 untuk ban depan dan 120/70-17 untuk ban belakang, jadi terlihat lebih gagah…🙂

d. Speedometer Full Digital

kalo New Megapro menggunakan kombinasi antara analog dan digital, Byson sudah mengaplikasikan Speedometer secara Full digital dengan model yang saya kira sama plek dengan versi india sana.

e. Pengereman

Sepertinya Yamaha emang setia banget dengan yang namanya Tromol sehingga untuk piranti pengeremannya pun masih menggunakan Rem Tromol untuk Roda belakang sedangkan untuk roda depan menggunakan cakram dengan 2 Piston.

f. Bentuk kepala dan Tempat Plat nomor

yang saya kurang suka dari Byson ya ini, bentuk kepalanya terkesan Cupu dengan Plat nomor yang berada diatas lampu jadi seperti membawakan urutan ronde pada acara tinju… xixixi Piss

4. Harga Yamaha Byson

untuk harga pastinya ane belum tau, lha wong belum keluar di situs resmi, perkiraan ane sekitar 19-20 jeti, masih dibawah harga Vixion mengingat belum mengaplikasikan Injeksi dan Radiator.

Update :

Harga yamaha Byson Seperti yang diumumkan oleh pihak yamaha tanggal 20 Agustus kemarin di Rolling stone Cafe jalan Ampera Raya adalah Rp. 19,9 Juta seperti yang saya perkirakan sebelumnya, hal ini berarti lebih mahal sekitar 400 ribu dari New Megapro Versi CW (Rp. 19,5 Juta).

Butuh seorang marketing yang hebat dari yamaha mengingat New Meggy ini sudah mengadopsi Cakram belakang yang semua pasti setuju kalo secara estetika Hadirnya Rear Disc Brake akan menambah nilai tersendiri bagi motor

5. Segmen yang dituju

Dengan tampang dan kekuatan yang dikeluarkan Byson ini saya rasa Pecinta Byson ini di kisaran usia 18-30 tahunan. ditujukan bukan untuk pecinta kecepatan melainkan tampang yang gahar…

6. Spesifikasi Yamaha Byson

Spek Lengkap yamaha Byson Berdasarkan Situs Resminya Sebagaimana Terlihat pada gambar dibawah ini :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Keterangan:

Gambar ane dapat dari Om Tri, Om Taufik dan Om Alonrider.

Demikian, Semoga Berguna

Thank’s

Komentar
  1. Marwoto oto mengatakan:

    Update:harga byson udah resmi 19,9jt. Bagi ane sih kemahalan,mending beli NMP.

  2. shu_enk mengatakan:

    @marwoto oto
    thanks bro updatenya, segera direvisi lg, brhubung ni pake hp jd blm bs update,
    masing2 punya kelebihan dan kekurangan tinggal hati sregnya mana,
    kalo ane pribadi sih kalo udh suka beda 400 sih kayaknya tdk trlalu mjd masalah,

  3. Gendown mengatakan:

    Kayaknya komaparasinya sama megapro yang lama (160) bukan NMP 150😀

  4. martini mengatakan:

    tetep New mega pro…buatjarak jauh lebih enak tuh…gak bongkok2 banget….absen dimarih ajah……..

  5. martini mengatakan:

    kalo dalam kota megang mio dah cukup…enteng dan lincah….

  6. Maskur® mengatakan:

    posisi duduknya enak
    handlingnya enteng
    mudah buat manuver

  7. Bonsai Biker mengatakan:

    mudah buat manufer, mudah beli, mudah rusak juga ngggak

  8. shu_enk mengatakan:

    @gendown
    ga tau bro… Gambar perbandingan ngembat dr bro Alonrider,🙂
    @martini
    Setuju ama matic kalo jarak dekat tur jalannya alus,
    @maskur
    mangstab pak dhe…🙂
    @Bonsai Biker
    hahaha… Itu yg perlu dipertakonkan alias dipertanyakan❓,:mrgreen:

    thanks dah mampir

  9. Edo Rusyanto mengatakan:

    widihhh…lengkap bener. keren. artikel yg bermanfaat. salam kenal bro

  10. shu_enk mengatakan:

    salam kenal juga om edo🙂, ah biasa aja, cuma berusaha ngrangkum opini dari masing2 blogger yg ikut test kemarin, trmasuk om edo ini🙂

  11. asmarantaka mengatakan:

    mesinnya ngk sekinclong vixi ah..kusem benerrr:mrgreen:

  12. Taufik mengatakan:

    yaaah gak dapet petamax xixixixi
    Byson-Megapro-Vixion . .. memang memiliki karakteristik konsumen masing2 harusnya , imho

  13. Josep mengatakan:

    kalo orang yang ngerti motor ga kan pilih byson…

  14. s7en mengatakan:

    enak banget saat touring………………………

  15. Gunss Dwicka Effendy mengatakan:

    Byson ini mantabb abiss eeuy,,kerenz lah ……:))

    salam kenal semua abank2…..:))

  16. unyu unyu mengatakan:

    lembek dan kaku gan ni kebo

  17. Bwajirut mengatakan:

    Bener lembek , dan ngangkang duduknya … terlalu ngangkang… trus penny bisa kecepit tangki bahan bakarnya yg melendung itu.. kasian si penny…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s